THE EFFECTIVENESS OF USING PICTURE DICTATION TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION (Experimental Researchonthe Seventh Graders ofSMP Negeri 2 Karangtengah Demak in the Academic Year of 2016/2017)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaanPicture Dictation efektif atau tidak untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan (listening) siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangtengah Demaktahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Karangtengah Demakyang bertempat di Jalan Donorejo Raya, Karangtengah, Demak, Jawa Tengah, Indonesia. Tipe dari penelitian ini adalah penelitian quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPNegeri 2 Karangtengah Demakdengan sample kelas VII D sebagai kelas percobaan dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui beberapa kegiatan.Yaitu pre-test, dan post-test.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test di kelas percobaan adalah 46.40dan di kelas kontrol adalah32.19. Setelah diberikan perlakuan selama empat pertemuan nilai rata-rata post-test dikelas percobaan adalah 74.60dan dikelas kontrol adalah 41.33. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Di dukung oleh hasil analisis t-test hasil perbandingan post-test antar kelas percobaan dan kelas control bahwa sig(2-tailed)0.000. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak danH1 dapat diterima.Sehingga, penggunaanPicture Dictation efektif untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan siswa. Kata Kunci:Dikter Gambar, Meningkatkan siswa, Pemahaman mendengarkan