PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA TAJUL ULUM BRABO TANGGUNG HARJO GROBOGAN

Main Author: IVANA, NURUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/882/1/SKRIPSI_1COVER.pdf
http://repository.unissula.ac.id/882/2/SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf
http://repository.unissula.ac.id/882/2/SKRIPSI_1DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unissula.ac.id/882/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurul Ivana, Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (MAV) Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Di MA Tajul Ulum Brabo Tanggung Harjo Grobogan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Sultan Agung Semarang (UNISSULA), 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah Penggunaan Media Audio Visual (MAV) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Selain melalui diri sendiri, motivasi belajar siswa juga bisa melalui media pembelajaran seperti halnya dengan menggunakanan media audio visual, penggunaan media audio visual yang diguinakan oleh guru dapat menumbuhkan motivasi dalam diri siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam.. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang penggunaan media audio visual (MAV) terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X di MA Tajul Ulum Brabo Tanggung Harjo Grobogan. Yang menjadi titik masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penggunaan Media Audio Visual (MAV) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (MAV) Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X di MA Tajul Ulum Brabo Tanggung Harjo Grobogan. Populsi penelitian ini adalah semua siswa MA Tajul Ulum Brabo Tanggung Harjo Grobogan yaitu sebanyak 412 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara teknik simple random sampling atau teknik pengambilan sampel karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Pengambilan sampel ini mengacu pada pendapat sugiyono yaitu mengambil peserta didik kelas X (keagamaan) yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode skala, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data mengunakan dua variabel melalui analisis statistik dengan menggunakan rumus uji-t Bedasarkan analisis tersebut diketahui 3,33 Analisis data meliputi analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kategori sangat baik. Berdasarkan alanilis dengan mengunakan perhitungan uji-t menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media audio visual dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA Tajul Ulum Brabo Tanggung Harjo Grobogan.