Daftar Isi:
  • Di industri telekomunikasi yang kompetetif, loyalitas konsumen terhadap suatu merek menjadi salah satu isu yang penting. Merek dan kegiatan pemasaran yang kuat menjadi salah satu faktor penting dalam mencapai diferensiasi dan kesuksesan sebuah perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh rebranding dan daya tarik rasional terhadap pembentukan loyalitas merek konsumen Indosat Ooredoo dengan menggunakan citra merek sebagai mediator. Sampel terdiri dari 100 orang responden yang merupakan konsumen Indosat Ooredoo di area Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner terstruktur dan uji analisis dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil menyatakan bahwa daya tarik rasional dan rebranding mempunyai pengaruh terhadap citra merek. Rebranding yang dilakukan tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek, sedangkan daya tarik rasional dan citra merek Indosat Ooredoo berpengaruh terhadap pembentukan loyalitas merek konsumen Indosat Ooredoo. Di sisi lain, daya tarik rasional memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas merek, sedangkan rebranding berpengaruh terhadap loyalitas merek dengan citra merek sebagai variabel intervening. Kata kunci: rebranding, daya tarik rasional, citra merek, loyalitas merek