PENINGKATAN CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER TRUST DAN CUSTOMER SATISFACTION DENGAN CUSTOMER RETENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS UD.MUJI SYUKUR DEMAK)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh customer trust, customer satisfaction terhadap customer retention dalam peningkatan customer loyalty. Tekhnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling karena mengingat bahwa judul yang diangkat adalah peningkatan customer loyalty sehingga respondennya juga harus yang memiliki kriteria loyal. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan toko UD.Muji Syukur yang telah melakukan pembelian lebih dari 2kali. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis path. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel customer trust terhadap customer retention. terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel customer satisfaction terhadap customer retention. terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan antara variabel customer trust terhadap customer loyalty. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel customer satisfaction terhadap customer loyalty. Dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel customer retention terhadap customer loyalty. Kata kunci : customer trust, customer satisfaction, customer retention dan customer loyalty.