Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh corporate image, komitmen dan kepercayaan terhadap loyalitas pasien pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung (RSI-SA) Semarang serta menganalisis faktor yang paling berpengaruh Populasi dalam penelitian ini adalah para pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung (RSI-SA) Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yang artinya pengambilan sampel dengan mempertimbangkan karakteristik populasi yaitu para pasien yang sudah pernah periksa/menggunakan jasa minimal 2 kali di Rumah Sakit Islam Sultan Agung (RSI-SA) Semarang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa corporate image dan komitmen berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Corporate image, komitmen, dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas. Dan kepercayaan mampu menjadi variabel intervening antara corporate image dan komitmen dengan loyalitas. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah kepercayaan (0.609), kemudian corporate image (0.182) dan komitmen (0,105). Saran penulis adalah untuk meningkatkan loyalitas dengan cara menjaga kepercayaan pasien dengan memberikan pelayanan kesehatan terbaik sehingga dapat menambah image positif bagi pasien. Kata Kunci : corporate image, komitmen, kepercayaan, dan loyalitas