MODEL PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SHOPING ONLINE MELALUI SIKAP KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS MAHASISWA UNISSULA)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepercayaan, reputasi vendor, dan profesionalisme berpengaruh terhadap keputusan pembelian melaui sikap konsumen sebagai variabel intervening dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian shoping online di kalangan mahasiswa unissula. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen shoping online. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yang artinya pengambilan sampel dengan mempertimbangkan karakteristik pupulasi yaitu para konsumen yang sudah pernah berbelanja online minimal 2 kali. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepercayaan, reputasi vendor, dan profesionalisme berpengaruh positif terhadap sikap konsumen. kepercayaan, reputasi vendor, dan profesionalisme berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dan sikap konsumen mampu menjadi variabel intervening antara kepercayaan, reputasi vendor, dan profesionalisme dengan keputusan pembelian. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah reputasi vendor dan sikap konsumen. Saran penulis adalah untuk meningkatkan keputusan pembelian dengan cara tetap mengedepankan kepercayaan dan profesionalisme sehingga dapat menambah image positif bagi shoping online. Kata Kunci : kepercayaan, reputasi vendor, profesionalisme, sikap konsumen, keputusan pembelian