Daftar Isi:
  • Peranan sumber daya manusia yang handal dan profesional dalam usaha meningkatkan kinerja sangat dibutuhkan sekali, karena hal itu akan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan. Fenomena yang sering terjadi pada PT Prudential Life Assurance adalah menurunnya kinerja agency dalam mencari nasabah asuransi jiwa yang ditunjukkan dengan jumlah nasabah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal sosial dan learning organization terhadap kinerja agency pada PT Prudential Life Assurance dengan knowledge sharing sebagai variabel intervening. Populasi yang digunakan adalah semua tenaga pemasaran PT Prudential HD Agency Semarang yang masih aktif sebesar 67 karyawan. Mengingat populasi hanya sebesar 67 karyawan, maka layak untuk diambil secara keseluruhan untuk dijadikan sampel, sehingga penelitian ini merupakan penelitian sensus. Alat analisisnya adalah path analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil pengujian menunjukkan modal sosial terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap knowledge sharing. Learning organization mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap knowledge sharing. Modal sosial, learning organization dan knowledge sharing terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja agency. Knowledge sharing tidak mampu menjadi variabel intervening antara modal sosial dengan kinerja agency. Knowledge sharing mampu menjadi variabel intervening antara learning organization dengan kinerja agency, artinya semakin tinggi kesadaran perusahaan dalam meningkatkan kapasitas pembelajaran bagi karyawan, maka akan semakin menambah tingginya karyawan untuk saling berbagi pengetahuan dan hal itu tentu akan berdampak pada tingginya kinerja agency. Kata Kunci : Modal sosial, learning organization, knowledge sharing dan kinerja agency.