Daftar Isi:
  • Loyalitas konsumen dapat terwujud apabila perusahaan dapat menemukan sebuah solusi tepat dalam bertahan dan memenangkan persaingan. salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan itu adalah membangun hubungan dekat dengan para pelanggannya dengan cara menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk menganalisis pengaruh citra merek dan komunikasi terhadap kepercayaan. Untuk menganalisis pengaruh citra merek, komunikasi dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha di dealer CV. Mataram Sakti Jepara, adapun sampel yang di peroleh dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling adalah sebanyak 100 responden. Jenis data yang dipergunakan adalah data primer, dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner. Alat analisis yang dipergunakan adalah path analysis. Hasil pengujian di peroleh hasil : citra merek berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Komunikasi berpengaruh positif terhadap kepercayaan. Citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Komunikasi berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci : Citra Merek, Komunikasi, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan