PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DEMOGRAFI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN PERPAJAKAN (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Semarang Barat)
Daftar Isi:
- Jumlah wajib pajak dari tahun ke tahun semakin bertambah. Namun bertambahnya jumlah wajib pajak tersebut tidak diimbangi dengan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Masalah kepatuhan pajak tersebut menjadi kendala dalam pemaksimalan penerimaan pajak, dan perilaku kepatuhan perpajakan dilihat dari intensi Wajib Pajak untuk melakukan tax evasion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor demografi dan kualitas pelayanan terhadap Kepatuhan Perpajakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling. Metode pengumpulan data primer yang dipakai yaitu metode survei dengan menggunakan kuisioner, dengan cara menyebarkan kuesioner di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Barat pada tahun 2016 dengan jumlah sampel sebanyak 72 responden. Data dianalisa menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial faktor demografi berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan perpajakan. Secara simultan faktor demografi, dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan perpajakan. Kata Kunci: pajak, kepatuhan perpajakan, faktor demografi, kualitas pelayanan