Daftar Isi:
  • Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi nilai perusahaan, diantaranya adalah struktur modal dan profitabilitas, ukuran perusahaan dan struktur kepemilikan. Struktur modal yang optimal dapat diartikan sebagai struktur modal yang dapat meminimalkan biaya penggunaan modal keseluruhan atau biaya modal rata – rata, sehingga dapat memaksimalkan nilai perusahaan. Profitabilitas merupakan gambaran dari perusahaan yang memiliki tingkat pengembalian atas investasi yang sangat tinggi. Ukuran perusahaan adalah skala perusahaan memperoleh sumber pendanaan baik yang bersifat internal maupun eksternal. Struktur kepemilikan perusahaan akan mendorong timbulnya kesadaran perusahaan untuk meningkatkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang. maka judul penelitian ini adalah Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Struktur Kepemilikan Pada Nilai Perusahaan. Penelitian ini dilakukan diperusahaan manufaktur di BEI tahun 2012-2015 sub sektor tekstil dan garmen. Menggunakan metode purposive sampling. Jenis penelitian deskriptif dengan data sekunder. Pengujian data dilakukan dengan teknik asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, struktur kepemilikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran perusahaan, struktur kepemilikan, Nilai Perusahaan.