ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, KEBIJAKAN HUTANG, DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang mengalami perbedaan dan adanya penambahan dua variabel pada jurnal penelitian ini, maka penulis mengangkat “Pengaruh Corporate social Responsibility, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, dan Kebijakan Deviden” sebagai judul penelitian ini. Jenis penelitian kausal atau asosiatif dengan jenis data kuantitatif. Populasi perusahaan Manufaktur terdaftar di BEI periode 2011-2014. Teknik sampel purposive sampling didapat 18 perusahaan dengan sumber data sekunder. Teknik analisis dengan statisik deskriptif, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas serta pengujian hipotesis dengan uji regresi linier berganda, uji parsial t, uji simultan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari uji asumsi klasik diperoleh data normal, tidak terjadi multikolonieritas, autokorelasi dan heteroskedastisitas. Hasil simultan F CSR, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, dan Kebijakan Deviden berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Hasil parsial t CSR berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, kebijakan hutang tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan deviden berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : corporate social responsibility, kebijakan deviden, kebijakan hutang, nilai perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan