PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN,PERSEPSI KEGUNAAN, DANPERSEPSI KECEPATANTERHADAP MINAT PERILAKU WAJIB PAJAK PRIBADI DALAM MENGGUNAKAN E-FILLING DI KOTA SEMARANG
Daftar Isi:
- Pajak merupakan tulang punggung penerimaan negara dan digunakan untuk membiayai pengeluaran negara. Pada prinsipnya setiap orang pribadi yang memenuhi kewajiban subjektif dan objektifnya, wajib mendaftarkan diri sebagai wajib pajak (WP) berdasarkan sistem Self Assessment Ketika orang pribadi mendaftarkan diri mendapatkan NPWP, selanjutnya oleh KPP akan dicatat sebagai Wajib Pajak dan diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak.Untuk memudahkan Wajib Pajak dalam melaporkan SPT tahunannya Direktorat Jenderal Pajak membuat sistem pelaporan secara online yaitu e-Filing. Namun pada kenyataannya, masih banyak Wajib Pajak yang belum menggunakan e-filling ini, karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau dikarenakan Wajib Pajak masih belum bisa menerima sebuah sistem teknologi yang baru untuk melakukan pelaporan pajaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan terhadap minat perilaku wajib pajak pribadi dalam menggunakan e-filling, pengaruh persepsi kegunaan terhadap minat perilaku wajib pajak pribadi dalam menggunakan e-filling, pengaruh persepsi kecepatan terhadap minat perilaku wajib pajak pribadi dalam menggunakan e-filling, dan pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan persepsi kecepatan secara bersama-sama terhadap minat perilaku wajib pajak pribadi dalam menggunakan e-filling. Data yang diperoleh merupakan hasil dari pengisian kuesioner yang dilakukan oleh responden, yaitu sebanyak 99 Wajib Pajak Orang Pribadi yang berada di Kota Semarang. Data kuesioner diuji menggunakan program SPSS versi 16 dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan menguji hipotesis menggunakan regresi, dan uji t. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat perilaku wajib pajak pribadi dalam menggunakan e-filling, persepsi kegunaan berpengaruh negatif signifikan terhadap minat perilaku wajib pajak pribadi dalam menggunakan e-filling, persepsi kecepatan berpengaruh negatif signifikan terhadap minat wajib perilaku pajak pribadi dalam menggunakan e-filling, dan persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan persepsi kecepatan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat perilaku wajib pajak pribadi dalam menggunakan e-filling Kata kunci : persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, persepsi kecepatan, minat perilaku wajib pajak pribadi dalam menggunakan e-filling