PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI KELAS III SD ISLAM SULTAN AGUNG I SEMARANG
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Islam Sultan Agung 1 Semarangyang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kreativitas siswa ditunjukan dengan peningkatan indikatorkreativitas siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh skor sebanyak 1900 dengan presentase 74,5% termasuk kriteria kreativitas baik. Pada siklus II memperoleh skor sebanyak 2163 dengan persentase 87,39% termasuk kriteria kreativitas sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 73,29 dan persentase ketuntasan kelas 73,529%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,10 dan persentase ketuntasan kelas 90,90%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model scrambleberbantuan dengan media video dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar PKn di kelas III SD Islam Sultan Agung 1 Semarang.. Kata Kunci : Kreativitas, Prestasi Belajar, Scramble