Daftar Isi:
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas V SDN Kalisari 1, ditemukan permasalahan prestasi belajar dan karakter komunikatif siswa. Ini terjadi karena guru belum melaksanakn pembelajaran inovatif, kreatif, dan cenderung berpusat pada guru. Selain itu, siswa yang masih cenderung individualisme dalam memecahkan sebuah permasalahan dalam pembelajaran dikelas Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan karakter komunikatif dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengidentifikasi cerita dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbantu media video. Subjek penelitian adalah kelas V SDN Kalisari 1 yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengidentifikasi cerita melalui model pembelajaran Think Talk Writeberbantu media video mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 64,44% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 87,77% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan observasi siswa yang dinilai yaitu karakter komunikatif siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor 582,1 dengan persentase 58,26% dengan kriteria cukup baik, pada siklus II memperoleh jumlah skor 872,1 dengan persentase 87,21% dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa yang dinilai dari hasil posttest siklus I memperoleh jumlah skor 2015 dengan ketuntasan klasikal 67,74% dan pada siklus II memperoleh jumlah skor 2410 dengan ketuntasan klasikal 87,09%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write berbantu media video dapat meningkatkan karakter komunikatif siswa, prestasi belajar siswa dan aktivitas guru. Saran: guru lebih bisa mengembangkan model pembelajaran dan memilih media pembelajaran yang lebih efisien dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Karakter, Komunikatif, Prestasi Belajar, Think Talk Write