PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN DENGAN MEDIA GAMBAR DIKELAS IV SDN 1 KALIOMBO
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kedisiplinan danprestasi belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 1 Kaliombo, Kecamatan Pecangaan Kota Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Kaliombo yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru, observasi sikap disiplin dan tes evaluasi siswa.Analisis data ini berupa tes dan non tes dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif.Setelah melaksanakan penelitian, terlihat adanya peningkatan kedisiplinan siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek-aspek kedisiplinan siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase 52,61% dengan kriteria kedisiplinan cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu, dengan presentase 72,176% dengan kriteria disiplin baik.Kemudian adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan 75,0%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan 100,0%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa di kelas IV SDN 1 Kaliombo. Kata Kunci : Disiplin, Prestasi Belajar, dan Kooperatif tipe Jigsaw