Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: untukPeningkatan Motivasi Siswa Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share Di Kelas V SD Sidigede 03 kecamatan Welahan, Jepara. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD SD Sidigede 03 kecamatan Welahan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan cinta tanah air siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh rata-rata 66 dengan kriteria motivasi siwa baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 86,09 dengan kriteria motivasi siwa sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai belajar dari siklus I ke Siklus II. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 52%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan 90%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar belajar siswa kelas V SD SD Sidigede 03 kecamatan Welahan. Kata kunci : motivasi, prestasi belajar, model pembelaran think pair share