Daftar Isi:
  • Tinjauan Yuridis Terhadap Keruguian Akibat Kelalaian Yang Mengakibatkan Kerusakan Atau Hilangnya Barang Pengiriman Menurut UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Di PT.Pos Indonesia Cabang Kendal. Pengangkutan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, sehingga menjadi barometer penentu kemajuan kehidupan dan peradaban masayarakat. Salah satu penyedia jasa layanan pengangkutan tersebut adalah PT.Pos Indonesia yang berada di bawah naungan BUMN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apasajakah yang menjadi syarat sahnya perjanjian dalam pengiriman barang di PT.Pos Indonesia Cabang Kendal. Untuk mengetahui Bagaimanakah tanggung jawab perusahaan PT.Pos Indonesia Cabang Kendal akibat kelalaian yang menyebabkan rusaknya atau hilangnya barang. Untuk mengetahui apa sajakah hambatan yang ada di perusahaan PT.Pos Indonesia Cabang Kendal, serta bagaimana cara mengatasinya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Yuridis Sosiologis, sumber data penelitian diperoleh melalui data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa syarat sahnya perjanjian pengiriman barang di PT.Pos Indonesia terdapat pada surat resi pengiriman barang. Bentuk tanggung jawab dari PT.Pos Indonesia Cabang Kendal atas kehilangan atau kerusakan barang telah dilakukan sesuai dengan Keputusan Direksi PT.Pos Indonesia (Persero) Nomor: KD 128/ DITRAKET/ 0616 tentang adanya ganti rugi. Apabila terjadi perselisihan PT.Pos Indonesia dalam menyelesaiakan perkaranya melalui upaya hukum Non Litigasi. Saran dalam penelitian ini yaitu konsumen harus lebih kooperatif dalam melakukan identifikasi dengan mengutamakan kejujuran. Kantor Pos harus lebih efektif dan teliti dalam mengidentifikasi barang-barang konsumen sebelum dilakukan pengiriman. Kata Kunci: Pengangkutan, Kerugian Akibat Kelalaian, Perlindungan Konsumen