THE USE OF SCHEMA ACTIVATION STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS` READING COMPREHENSION IN DESCRIPTIVE TEXT (Experimental Research on the Eighth Graders of SMP Muhammadiyah 7 Semarang in the Academic Year of 2016/2017)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Schema Activation Strategy efektif atau tidak untuk meningkatkan kemampuan membaca (reading) siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Semarang yang bertempat di Jalan Tambak Dalam Raya, Gayamsari, Jawa Tengah, Indonesia. Tipe dari penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Semarang dengan sample kelas VIII A sebagai kelas percobaan dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui beberapa kegiatan. Yaitu pre- test, dan post-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test di kelas percobaan adalah 69.87 dan di kelas kontrol adalah 56.55. Setelah diberikan perlakuan selama empat pertemuan nilai rata-rata post-test dikelas percobaan adalah 77.07 dan dikelas kontrol adalah 65.66. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Di dukung oleh hasil analisis t-test hasil perbandingan post-test antar kelas percobaan dan kelas control bahwa sig(2-tailed) 0.021. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 dapat diterima. Sehingga, penggunaan Schema Activation Strategy efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa didalam teks jenis descriptive. Kata Kunci: Schema Activation Strategy, Reading Comprehension, Descriptive Text