PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN COMPLAIN CONFLICT TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH (Studi Kasus Pada BPR Argodana Pudak Payung Semarang)
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh komunikasi, kemitraan, trust, complain conflik terhadap kepuasan nasabah dan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh komunikasi, kemitraan, trust, complain conflik dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BPR Agrodana Pudak Payung Semarang, sedangkan populasinya sebanyak 96 responden yang di peroleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis data yang dipergunakan adalah data primer, dengan menggunakan metode pengumpulan data kusioner. Hasil analisis dengan menggunakan path analysis adalah komunikasi, kemitraan, trust, complain conflik berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Komunikasi, kemitraan, trust, complain conflik dan kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. kepuasan nasabah merupakan variabel intervening di antara pengaruh kemitraan terhadap loyalitas nasabah, namun demikian kepuasan nasabah bukan variabel intervening di antara pengaruh komunikasi, kepercayaan dan komplain konflik terhadap loyalitas nasabah. Kata Kunci : Komunikasi, Kemitraan, Trust, Complain Conflict, Kepuasan dan Loyalitas Nasabah