PENGARUH CITRA MEREK KEPERCAYAAN MEREK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DEPARTMEN STORE KEMEJA RED CLIFF (Studi pada konsumen kemeja RedCliff )
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya sebuah fenomena bisnis yang sedang dihadapi oleh Kemeja RedCliff. Fenomena tersebut menunjukkan penurunan pangsa pasarKemeja RedCliff secara berturut-turut dari tahun ke tahun. Hal tersebut menarik minat peneliti untuk mengetahui apa penyebab terjadinya masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruhcitra merek dan kepercayaan merekterhadaployalitas merek. Sampel penelitian sebanyak 96 responden. Dengan metode pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel dari suatu populasi berdasarkan kriteria-kriteria (pertimbangan) yaitu konsumen yang pernah membeli Kemeja RedCliff minimal sebanyak 3 kali, konsumen memliki usia minimal18 tahun. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas citra merek (brand image),kepercayaan merek (brand trust),dan ekuitas merek (Brand equity)terhadap variabel terikatloyalitas merek (brand loyality). Koefisien determinasi (R2)sebesar 0,516yang berartivariabel citra merek (brand image),kepercayaan merek (brand trust),dan ekuitas merek (brand equity)berpengaruh 0,516 terhadap loyalitas merek (brand loyality), dan sisanya48,4% di pengaruhi oleh faktor-faktor lainya. Kata kunci: citra merek, kepercayaan merek, dan ekuitas merek loyalitas merek dan Kemeja RedCliff