PENGARUH LOKASI, HARGA DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PROPERTY OLEH NASABAH BNI SEMARANG
Daftar Isi:
- Pemenuhan kebutuhan perumahan yang dapat dijangkau oleh masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dirasa sudah mendesak saat ini. Karena rumah itu sendiri sangat dibutuhkan masyarakat untuk kelangsungan hidupnya, baik secara individu maupun bersama keluarganya. Guna mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan peran serta pemerintah untuk memberikan kredit perumahan melalui Kredit Pemilikan Rumah BNI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh lokasi, harga dan desain rumah terhadap keputusan pembelian property oleh nasabah BNI Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebesar 85 responden, dengan menggunakan pengambilan sampel secara non acak dengan metode accidental sampling, yaitu suatu cara pengambilan sampel yang dilakukan secara kebetulan ditemui oleh peneliti kepada nasabah yang mengambil Kredit Pemilikan Rumah di BNI Semarang yang sedang berkunjung ke BNI Semarang. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil pengolahan dapat disimpulkan bahwa: (1) Lokasi perumahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian property di BNI Semarang, (2) Harga perumahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian property di BNI Semarang, (3) Desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian property di BNI Semarang. Kata Kunci: lokasi, harga, desain rumah dan keputusan pembelian rumah