Daftar Isi:
  • Seperti yang diketahui perkerasan jalan Semarang – Purwodadi diletakkan di atas tanah dasar yang memiliki daya dukung rendah. Beberapa upaya untuk meningkatkan daya dukung tanah telah dilakukan, oleh karena itu, dalam penelitian ini pondasi Sarang Laba-Laba dan pondasi Cakar Ayam akan dipelajari untuk digunakan sebagai lapisan tanah dasar, khususnya jalan raya Semarang - Purwodadi, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penilitian experimental karena menggunakan data laboraturium. Untuk parameter pembebanan, Pondasi Cakar Ayam digunakan beban sebesar 11,73 t/m2 yaitu beban total dikalikan Q (0,75) sedangkan untuk Pondasi Sarang Laba-Laba digunakan beban total yaitu 15,48 t/m2. Hasil analisis pada konstruksi Pondasi Cakar Ayam didapatkan tinggi pipa 2,5 m, diameter 1,5 m dengan jarak 1,83 m sedangkan untuk Pondasi Sarang Laba-Laba diperoleh tebal tiap-tiap rib 15 cm, tinggi rib konstruksi 180 cm dan tinggi rib settlement 250 cm. Serta hasil analisis dari pemodelan dengan menggunakan plaxis diperoleh penurunan untuk pondasi CA sebesar 0,379m dan SLL 0,243 m. Maka dapat disimpulkan bahwa Pondasi Sarang Laba-Laba lebih ekonomis dan aman jika dibandingkan Pondasi Cakar Ayam. Kata kunci : Pondasi Sarang Laba-Laba, Pondasi Cakar Ayam, Perkerasan Jalan Kaku