Daftar Isi:
  • Indonesia memiliki banyak potensi kepariwisataan yang dapat menjadi modal pembangunan untuk peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Salah satu daya tarik wisata yang cukup banyak dikembangkan adalah wisata religi atau keagamaan. Perkembangan agama Islam di Indonesia sebagai agama yang mendominasi menjadi lebih cepat dibandingkan agama lain. Salah satu kota yang memiliki objek wisata religi adalah Kota Semarang dengan adanya objek wisata islami berupa masjid yang cukup beragam. Terdapat 4 masjid dalam buku “Guide Book of Semarang Tourism” yang dibuat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Semarang yaitu Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Menara Layur dan Masjid Besar Kauman. Permasalahan yang muncul adalah belum diketahuinya karakteristik masing-masing masjid sebagai objek wisata religi di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menemukan karakteristik objek wisata masjid sebagai destinasi wisata religi yang ada di Kota Semarang melalui metode penelitian Metode Deduktif Kualitatif Rasionalistik yang menggali 2 parameter yaitu parameter pengelolaan dan parameter pariwisata. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis verifikatif, komparatif dan empiris. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, masjid yang memiliki karakteristik sebagai objek wisata religi di Kota Semarang hanya Masjid Agung Jawa Tengah karena sudah memiliki pengelolaan yang sangat baik dan mengembangkan objek daya tarik wisata dan fasilitas penunjang didalamnya. Ketiga masjid lainnya belum mendekati karakteristik sebagai objek wisata religi karena hanya terfokus pada pemanfaatan masjid sebagai tempat ibadah. Kata Kunci : Pariwisata, Karakteristik, Masjid