Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk meningkatan kerja keras dan prestasi belajar matematika materi bangun ruang melalui Pembelajaran Example Non Example Di Kelas IV SDN Karangrejo 01, kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 yang berjumlah 22 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Adanya peningkatan kerja keras siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek prestasi belajar siswa dalam stiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata Matematika yaitu 75,84 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 71,43%, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 85,24 dengan tuntas belajar klasikal 85,76%, maka terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Kerja keras siswa pada siklus I yaitu 74,35% sedangkan pada siklus II yaitu 86,01%.Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan kerja keras siswa. Kata Kunci: Kerja keras, Prestasi Belajar, Example Non Example.