Daftar Isi:
  • Salah satu tujuan perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan yang tercermin pada harga sahamnya. Nilai perusahaan dapat memberikan kemakmuran pemegang saham secara maksimum apabila harga saham meningkat. Semakin tinggi harga saham sebuah perusahaan, maka makin tinggi kemakmuran pemegang saham. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan yaitu loyalitas nasabah, dan juga tata kelola perusahaan. Loyalita nasabah sering kali digunakan oleh perbankan sebagai tolak ukur atau pedoman dalam melakukan kepuasan nasabah perbankan. Apabila loyalitas konsumen baik maka calon nasabah akan menaruh harapan bahwa dana yang diinvestasikan ke dalam perusahaan akan menghasilkan return yang menguntungkan. Disamping itu, kepuasan nasabah yang baik di yakini dapat mewujudkan kinerja perusahaan yang baik yang pada akhirnya berdampak terhadap peningkatan nilai perusahaan. Hasil-hasil penelitian terdahulu yang belum konsisten diantaranya yang dilakukan oleh Carningsih (2010), Dewi dan Tania (2011), Wahyudi (2012), menarik bagi peneliti untuk menguji kembali pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas perusahaan dengan variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BMT Made Demak adapaun jumlah sampel yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive samping sebanyak 100 orang nasabah, observasi alat analisis yang dipergunakan adalah regresi dengan moderasi. Berdasarkan pengujian hipotesis dalam studi ini menunjukkan bahwa ROA berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah, ROE berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nabasah, loyalitas nabasah berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil penelitian ini memberikan panduan bagi nasabah untuk memperhatikan kinerja keuangan dengan melihat rasio ROA dan ROE dalam berinvestasi agar dana yang diinvestasikan ke dalam perusahaan dapat memberikan return sesuai dengan harapan.