PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA RAKYAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN 03 SUSUKAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dikelas V SDN 03 Susukan yang menunjukan bahwa disiplin siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya menaati peraturan dalam pembelajaran, menyelesaikan tugas tepat pada waktunya, menjaga ketertiban kelas, selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran bahasa indonesia masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperolah masih dibawa KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar bahasa indonesia menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (nomor kepala) berbantuan media audio visual dikelas V SDN 03 Susukan kecamatan Comal kabupaten Pemalang yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh persentase klasikal 44,83% dengan rata-rata kelas 66,44 sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal secara signifikan yaitu 89,66% dengan rata-rata kelas 87,13. Pada siklus I disiplin siswa memperoleh persentase seluruh skor 77% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan memperoleh persentase seluruh skor 91% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (nomor kepala) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar bahasa indonesia kelas V SDN 03 Susukan. Kata Kunci: Disiplin, Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (nomor kepala)