PENINGKATAN DISIPLIN DAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI DONOROJO 01
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan dikarenakan kemampuan membaca Puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh di bawah KKM. Selain itu disiplin siswa yang masih rendah. Penelitian yang digunakan adalah termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian di SDN Donorojo 01Kecamatan Demak Kabupaten Demak pada kelas V dengan menggunakan metode Quantum Learning bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa dan disiplin pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi. Penelitian dilaksanakan pada 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja,angket dan observasi. Pada siklus I disiplin mendapat persentase 67,64% dengan kriteria kurang. Pada siklus II disiplin mendapat persentase 94,17% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan kemampuan membaca puisi siswa siklus I persentase ketuntasan klasikalnya mencapai 71, 17% dan siklus II ketuntasan klasikalnya mencapai 94, 11%. Dapat disimpulkan bahwa metode Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca Puisi dan disiplin siswa di kelas V SDN Donorojo 01. Kata Kunci: puisi, Disiplin, Metode Quantum Learning