Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran problem solving dengan bantuan video di kelas V A SD Negeri Karangroto 01. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas V A SD Negeri Karangroto 01 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab pada siklus I ke siklus II, siklus I pertemuan 1 siswa yang mencapai kriteria sangat tanggung jawab berjumlah 12 siswa sehingga baru diperoleh persentase klasikalnya 42,86% kriteria tanggung jawab tidak baik. Sikus I pertemuan 2 siswa yang mencapai kriteria sangat tanggung jawab berjumlah 18 siswa sehingga diperoleh persentase klasikalnya 64,29% kriteria tanggung jawab tidak baik. Pada siklus II pertemuan 1 siswa yang mencapai kriteria sangat tanggung jawab berjumlah 22 siswa sehingga diperoleh persentase klasikalnya 78,57% kriteria tanggung jawab tidak baik. Meningkat ke siklus II pertemuan 2 siswa yang mencapai kriteria sangat tanggung jawab berjumlah 24 siswa diperoleh persentase klasikalnya 85,71% kriteria tanggung jawab sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Peningkatannya yaitu pada siklus I adalah 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 89%. Dari deskripsi di atas dapat disimpulkan penelitian ini yaitu model pembelajaran problem solving dengan berbantuan video dapat meningkatkan tanggung jawab dan pestasi belajar dalam pembelajaran IPS. Saran penelitian sebaiknya guru menerapkan model inovatif atau menggunakan model pembelajaran problem solving dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Problem Solving, Berbantuan Video