PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DI KELAS IV SDI DARUL HUDA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Straypada 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subyek siswa kelas IV A SDI Darul Huda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu, pada siklus I pertemuan 1 rata-rata skor karakter rasa ingin tahu adalah 60,42% kategori cukup dan siklus I pertemuan 2 adalah 70,63% kategori baik. Dan pada siklus II pertemuan 1 adalah 74,17% kategori baik dan siklus II pertemuan 2 adalah 80,10% kategori sangat baik. Adanya peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dan aktivitas guru, dimana aktifitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 3 dengan kategori cukup dan pada siklus II memperoleh rata-rata 4 dengan kategori baik. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dimana siklus I memperoleh rata-rata 3,3 kategori cukup da siklus II memperoleh rata-rata 4,3 kategori sangat baik. Dengan demikian aktivitas siswa dan aktivitas guru dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa dilihat dari peningkatannya yaitu pada siklus I adalah 56% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Dari deskripsi di atas dapat disimpulkan penelitian ini yaitu model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan pestasi belajar dalam pembelajaran IPS. Saran penelitian sebaiknya guru menerapkan model inovatif atau menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray