Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN 3 Kandangrejo, menunjukan bahwarasa ingin tahu siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya keaktifan siswadalam bertanya maupun berpendapat, selain itu prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh dibawahKKM. Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Word Square di kelas IV SDN 3 Kandangrejo kecamatan Klambu Grobogan. Subyek penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I pertemuan 1 rasa ingintahu siswa memperoleh persentase ketuntasan 57,14% untuk kriteria baik danmemperoleh 0% untuk kriteria sangat baik. Pada siklus I pertemuan 2 memperoleh66,66% dan 9,52%. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh 9,52% dan 90,47%, pada siklus I pertemuan 2 memperoleh 9,52% dan 90,47%. Pada prestasi belajar,siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 80,95% dengan rata-rata kelas 73,09, sedangkan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 90,47% dengan rata-rata kelas77,38. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SDN 3 Kandangrejo. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Word Square.