Daftar Isi:
  • IPA mempelajari alam semesta sehingga mengajarkan siswa agar peduli terhadap alam. Hasil pengamatan di SD Negeri Adinuso 01 hasil belajar siswa kelas IV rendah. Proses pembelajaran berfokus pada guru, siswa pasif dan cepat bosan sehingga pembelajaran tidak bermakna. Pembelajaran role playing merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap daratan melalui metode role playing di kelas IV SD Negeri Adinuso 01. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Adinuso 01 berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa setiap siklusnya. Hasil belajar kognitif siswa siklus I diperoleh 62,88 dengan kategori cukup dan ketuntasan belajar klasikal 38,47% dengan kategori rendah meningkat di siklus II menjadi 82,31 dengan kategori baik dan 92,31% dengan kategori sangat. Hasil belajar afektif rata-rata siklus I 2,56 dengan kategori baik dan siklus II 3,31 dengan kategori sangat baik. Skor penilaian individual sudah ada 23 siswa yang mendapat skor dengan kriteria sangat baik dan mencapai 88,46%. Hasil belajar psikomotor rata-rata siklus I 2,52 dengan kategori baik dan siklus II 3,32 dengan kategori sangat baik. Skor penilaian individual sudah ada 21 siswa yang mendapat skor dengan kriteria sangat baik dan mencapai 80,77%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap daratan di kelas IV SD Negeri Adinuso 01. Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Role Playing