Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan dikarenakan prestasi belajar mata pelajaran PKn masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh di bawah KKM. Selain itu Tanggung Jawab siswa yang masih rendah, terbukti dari siswa yang dapat mengerjakan soal sesuai dengan yang diajarkan gurunya saja. Penelitian yang dilaksankan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian di SD N Bangetayu Wetan 02 kecamatan Genuk Kota Semarang pada kelas IV dengan menggunakan model make a macth bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab pada mata pelajaran PKn materi pemerintahan tingkat pusat. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I pertemuan 1 tanggung jawab mendapat presetase 54,45% dengan kriteria cukup baik dan siklus I pertemuan 2 mendapat presntase 58,65% dengan kriteria cukup baik. pada siklus II pertemuan 1 mandapat presentase 93,9% dengan kriteria sangat baik dan siklus II pertemuan 2 mendapat presentase 96,50%. Siklus I presentase ketuntasan klasikalnya 48,00 % Siklus II presentase ketuntasan klasikalnya 90,00 %. Dapat disimpulkan bahwa model make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab di kelas IV SD N Bangetayu Wetan 02. Dengan model make a macth diharapkan SD N Bangetayu Wetan 02 dapat menerapkan model ini saat pembelajaran dan carilahmateri yang sesui untuk dapat model make a macth, Kata Kunci: Prestasi Belajar, Tanggung Jawab, Model Make a Macth