Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan ini dikarenakan prestasi belajar mata pelajaran PKn masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh di bawah KKM. Selain itu minat siswa yang masih rendah, terbukti dari siswa yang tidak dapat mengerjakan soal sesuai dengan yang diajarkan gurunya saja. Penelitian yang dilaksankan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian di SD Negeri Genuksari 02 kecamatan Genuksari Kota Semarang pada kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat pada mata pelajaran PKn materi globalisasi. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I pertemuan 1 minat mendapat presetase 54,89% dengan kriteria cukup baik dan siklus I pertemuan 2 mendapat presntase 57,87% dengan kriteria cukup baik. pada siklus II pertemuan 1 mandapat presentase 93,98% dengan kriteria sangat baik dan siklus II pertemuan 2 mendapat presentase 96,43% kereteria sangat baik. Siklus I presentase ketuntasan klasikalnya 46,80% Siklus II presentase ketuntasan klasikalnya 91,48%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan prestasi belajar dan minat di kelas IV SD Negeri Genuksari 02. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Minat, Model Think Pair Share