Daftar Isi:
  • Hasil observasi awaldi SDN Gebugan 02 kelas IV tahun pelajaran 2015/2016, termasuk dalam kategori rendah dan tanggung jawab siswa juga rendah. Tujuan penelitin ini untukmeningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif TPSbantuan media audio visual di SDN Gebugan 02. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I tanggung jawab diperoleh rata-rata presentase Tanggung jawab secara 52,94% dengan kriteria cukup bertanggung jawab. Pada siklus II diperoleh rata-rata presentase secara klasikal 85,29% dengan kriteria sangat bertanggung jawab belajar siswa meningkat. Prestasibelajar siswa yang ditunjukkan dengan peningktan pestasi belajar setiap siklusnya. Persentase prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 52,94% dengan jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 18 orang dengan kriteria cukup. Pada siklus II sebesar 91,17% dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 31 orang dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS berbantuan media audio visualdapat meningkatkan tanggung jawab siswa, prestasi belajar IPS kelas V SDN Gebugan 02. Kata Kunci: Tanggung jawab, model Think Pair Share, Media Audio Visual