PENGARUH PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN
Daftar Isi:
- Kata kunci : Treffinger, Kemampuan Pemecahan Masalah, Garis Singgung Lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh aktivitas dan minat belajar siswa dalam pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang dikenai pembelajaran Treffingerdan siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori, serta mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikenai pembelajaran Treffinger materi garis singgung lingkaran pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun pelajaran 2015/2016 mencapai kriteria ketuntasan minimal 75. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII semester genap SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik clusterrandom sampling, dan diperoleh siswa kelas VIII-A1 sebagai kelompok eksperimen (menggunakan pembelajaran Treffinger) yang berjumlah 28 orang dan siswa kelas VIII-A2 sebagai kelompok kontrol (menggunakan pembelajaran ekspositori) yang berjumlah 28 orang. Penelitian dilakukan dalam lima kali pertemuan kelas eksperimen dan lima kali kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode Dokumentasi, metode observasi, metode tes, dan metode angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, Uji regresi linear ganda, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh aktivitas dan minat belajar siswa dalam pembelajaran Treffingerterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi garis singgung lingkaran sebesar 63% dengan model regresi ganda Y=-13,728+0,259X_1+0,916X_2yang bersifat linear. Kedua rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol benar-benar berbeda, artinya siswa pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dari siswa pada kelas kontrol. Hasil analisi dengan Uji Independen 2 Sampel T-Test menunjukan t_hitung=2,502 dan t_tabel=2,005 untuk dk = n_1+n_2-2=54 dengan taraf signifikansi α=5% . Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 79,86 dan kelas kontrol adalah 74,75. dengan perbedaan rata-rata sebesar 5,107. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas ekperimen 79,86 berada pada kategori tinggi, dengan melihat nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 75, maka pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Treffinger sangat berpengaruh dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi garis singgung lingkaran siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun pelajaran 2015/2016.