PENGARUH PAJAK, MEKANISME BONUS DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, mekanisme bonus, dan tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pajak, mekanisme bonus, dan tunneling incentive, serta variabel dependen yang digunakan adalah transfer pricing. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2012-2014 dengan teknik pengambilan sampel purpose sampling. Data yang diperoleh sebanyak 56 perusahaan (168 sampel) dalam kurun waktu tiga tahun untuk perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pajak berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan transfer pricing, mekanisme bonus dan tunneling incentive tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Kata kunci: transfer pricing, pajak, mekanisme bonus, tunneling incentive