PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DENGAN MEDIA FOTO KOLASE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUBIRU
Daftar Isi:
- Kata kunci: Menulis Teks Berita, Media Foto Kolase, Model CIRC, Pendidikan Karakter. Penelitian ini berjudul ”Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Pembelajaran CIRCdengan Media Foto Kolase Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru”. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran CIRCdengan media foto kolase berbasis pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikanpelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks berita menggunakan model CIRC dengan media kolase berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan model CIRC dengan media kolase berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru, (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru setelah mendapatkan pembelajaran keterampilan menulis teks berita menggunakan model CIRC dengan media kolase berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif berupa analisisnilai dari hasil tes menulis teks berita pada tahap prasiklus, siklus I dan siklus II, kemudian menghitung nilai rata-rata yang diperoleh. Untuk kualitatif, dalam penelitian ini berupa analisis dari hasil nontes berupa observasi, jurnal guru, jurnal siswa, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat diketahui bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru mengalami peningkatan dalam keterampilan menulis teks berita. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes pada prasiklus yang mendapat nilai rata-rata sebesar 63,32. Hasil tersebut meningkat pada siklus I di mana siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 74,61. Untuk siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,51. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil keterampilan siswa dalam menulis teks berita mengalami peningkatan pada siklus I dan II.