Daftar Isi:
  • Munculnya fenomena nilai perusahaan dimana investor selalu tertarik pada perusahaan dengan nilai perusahaan yang cenderung tinggi dan hal ini akan berdampak pada penilaian investor untuk memilh dan juga agency problem, memunculkan masalah apakah faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini telah banyak dilakukan maka akan menguji kembali ketidakkonsistenan hasil dari penelitian sebelumnya dengan sampel yang berbeda dan tahun pengamatan yang berbeda. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris: pengaruh negatif struktur modal terhadap nilai perusahaan, pengaruh positif profitabilitas terhadap nilai perusahaan, pengaruh positif ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampelnya adalah perusahaan perbankan terdaftar di BEI dari tahun 2013 sampai dengan 2015 sejumlah 103 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dengan asumsi klasik. Hasil penelitian menyatakan bahwa semua variabel yaitu struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama atau simultan terhadap nilai perusahaan, semua variabel yaitu struktur modal, profitablitas dan ukuran perusahaan mampu menjelaskan variabel nilai perusahaan sebesar 9.4% sedangkan sisanya 90.6% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil independen yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan adalah profitabilitas dan ukuran perusahaan . Kata Kunci : Struktur modal, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan