Daftar Isi:
  • Persaingan dunia bisnis dewasa ini semakin ketat. Para produsen di seluruh negeri berlomba-lomba untuk mendapat pangsa pasar. Hal ini berlaku pula bagi produsen perawatan rambut Clear. Dalam upaya menarik konsumen dan meningkatkan minat beli terhadap produknya, Clear perlu memperhatikan aspek periklanan khusunya dalam penggunaan endorser. Selain endorser, Clear perlu memilih media yang tepat untuk beriklan. Salah satu media yang sedang naik daun adalah Instagram. Cristiano Ronaldo adalah endorser Clear untuk iklan di media instagram. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) hubungan antara penggunaan endorser cristiano ronaldo pada iklan Clear di media Instagram dengan sikap konsumen, 2) hubungan antara penggunaan endorser cristiano ronaldo pada iklan Clear di media Instagram dengan minat beli konsumen. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis apakah ada hubungan antara penggunaan endorser Cristiano Ronaldo pada iklan produk Clear di media Instagram terhadap sikap konsumen, 2) apakah ada hubungan antara penggunaan endorser Cristiano Ronaldo pada iklan produk Clear di media Instagram terhadap minat beli konsumen Penelitian ini menggunakan teori AIDDA dan Uses and Gratificaion. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah survei korelasional dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang mahasiswa di semarang, dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan endorser berhubungan signifikan terhadap sikap dan minat beli konsumen. Kekuatan hubungan antara penggunaan endorser dengan sikap konsumen adalah sebesar 0,318 , sedangkan kekuatan hubungan antara penggunaan endorser dengan minat beli konsumen sebesar 0,399. Kedua hubungan tersebut masuk dalam kategori rendah. Sedangkan arah kedua hubungan tersebut adalah linear. Hasil dari nilai Sig. (2tailed) menunjukkan angka probabilitas 0,000 dan 0,001. keduanya < 0,05, maka didapat kesimpulan Ho ditolak dan H a diterima. Artinya ada hubungan signfikan dan linear antara penggunaan endorser Cristiano Ronaldo pada iklan Clear di media Instagram terhadap sikap dan minat beli konsumen. Kata kunci : endorser, sikap konsumen, minat beli konsumen