Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan dukungan sosial dengan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa tingkat I di Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisa dilakukan kepada 106 mahasiswa tingkat I UNISSULA. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu skala kesejahteraan subjektif, skala kecerdasan emosi dan skala dukungan sosial. Skala kesejahteraan subjektif berjumlah 16 aitem dengan rentang daya beda 0,257–0,541 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,768. Skala kecerdasan emosi berjumlah 18 aitem dengan rentang daya beda 0,315–0,637 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,832. Skala dukungan sosial berjumlah 33 aitem dengan rentang daya beda 0,329–0,633 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,917. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu analisis regresi dua prediktor dan korelasi parsial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan dengan korelasi R sebesar 0,621, Fhitungsebesar 32,310 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (pada p <0,01). Teknik korelasi parsial digunakan untuk menguji hipotesis kedua dan ketiga. Hasil uji hipotesis kedua diperoleh korelasi ryx1-x2=0,419 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (pada p <0,01).Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh korelasi ryx1-x2=0,267 dengan taraf signifikansi p = 0,006 (pada p <0,01). Kata kunci: kesejahteraan subjektif, kecerdasan emosi, dukungan sosial.