Daftar Isi:
  • Intensi berwirausaha adalah niat atau keinginan individu yang merupakan aspek psikologis untuk mempengaruhi perilaku agar melakukan atau tidak melakukan tindakan berwirausaha. Faktor yang berpengaruh salah satunyafaktor eksternal yang memiliki unsur dari lingkungan sekitar, keluarga, dan pendidikan yang dapat memunculkansikap terhadap model peran wirausaha. Penelitian dengan metode kuantitatif ini bertujuan menguji secara empirik hubungan sikap terhadap model peran wirausaha dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa Unissula Semarang. Populasi yang digunakan merupakan seluruh mahasiswa Unissula. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan subjek peneliti mahasiswa Unissula Semarang yang berjumlah 159 mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala intensi berwirausaha 24 aitem dengan reliabilitas 0,908 dan skala sikap terhadap model peran wirausaha 21 aitem dengan reliabilitas 0,859. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment diperoleh koefisien sebesar rxy= 0,390, Fhitung = 28,243dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara sikap terhadap model peran wirausaha dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa Unissula Semarang. Sikap terhadap model peran wirausaha memberikan sumbangan efektif sebesar 15,2% terhadap intensi berwirausaha Kata Kunci: Intensi Berwirausaha, Sikap Terhadap Model Peran Wirausaha