AGRESIVITAS PADA SISWA SMKN 10 di SEMARANG DITINJAU DARI KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan antara agresivitas pada siswa SMKN 10 di Semarang ditinjau dari konformitas teman sebaya dan kontrol diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki SMKN 10 di Semarang dengan menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu skala agresivitas, skala konformitas dan skala kontrol diri. Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama dengan teknik regresi linier berganda dihasilkan korelasi Ry(1,2) sebesar 0,464, Fhitungsebesar 11,514 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ada hubungan yang signifikan antara konformitas dan kontrol diri dengan agresivitas pada siswa SMKN 10 di Semarang. Konformitas dan kontrol diri pada penelitian ini memberikan sumbangan efektif sebesar 2,15 % yang dapat dilihat dari koefisien determinasi (r2) sebesar 0,215. Hipotesis kedua dan ketiga dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik korelasi parsial. Uji hipotesis kedua untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan agresivitas pada siswa SMKN 10 di Semarang. Hasil perhitungan menunjukkan nilai korelasi r1y =0,296 dengan taraf signifikansi p = 0,098 (p > 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis kedua dalam penelitian ini ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan agresivitas pada siswa SMKN 10 di Semarang. Hipotesis ketiga untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas. Hasil perhitungan menunjukkan nilai korelasi r1y = -0,435 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menujukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan agresivitas pada siswa SMKN 10 di semarang. Kata Kunci : agresivitas, konformitas teman sebaya, kontrol diri.