Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menguji secara empiric hubungan dukungan sosial dengan penerimaan orangtua di SLB Widya Bhakti Semarang. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan penerimaan orangtua di SLB Widya Bhakti Semarang. Populasi penelitian adalah Orangtua murid SLB Widya Bhakti Semarang. Sampel penelitian berjumlah 37 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik product moment. Data dukungan sosial dan penerimaan orangtua pada siswa diperoleh dengan metode skala yaitu dengan skala dukungan sosial dan skala penerimaan orangtua. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan penerimaan orangtua di SLB Widya Bhakti Semarang. Hal ini dapat dilihat dari hasil r = 0,693dan r2 = 0,48 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,01). Koefisien determinasi sebesar 0,48 sehingga sumbangan efektif dukungan sosial pada penerimaan orangtua sebesar 48%. Hal ini berarti bahwa 52% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti kematangan orangtua, pendidikan, pemahaman, keyakinan agama, keharmonisan perkawinan, kondisi finansial, sikap para ahli yang mendiagnosa anak, dan persepsi mengenai individu yang menyandang disabilitas intelektual. Kata kunci: Penerimaan Orangtua, Dukungan Sosial, Disabilitas Intelektual