IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI UDARA DI KOTA SEMARANG
Main Author: | Santoso, Anggry Noviani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unissula.ac.id/5479/1/COVER.pdf http://repository.unissula.ac.id/5479/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unissula.ac.id/5479/3/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unissula.ac.id/5479/4/BAB%20I.pdf http://repository.unissula.ac.id/5479/5/BAB%20II.pdf http://repository.unissula.ac.id/5479/6/BAB%20III.pdf http://repository.unissula.ac.id/5479/7/BAB%20IV.pdf http://repository.unissula.ac.id/5479/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unissula.ac.id/5479/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang implementasi regulasi yang memberikan perlindungan kepada konsumen pengguna jasa transportasi udara di Kota Semarang. Rumusan masalah pada skripsi ini sendiri adalah pertama implementasi perlindungan hukum konsumen pengguna jasa transportasi udara di Kota Semarang, kedua kendala-kendala yang muncul dalam implementasi perlindungan hukum konsumen pengguna jasa transportasi udara dan ketiga solusi terhadap kendala-kendala yang muncul dalam implementasi perlindungan hukum konsumen pengguna jasa transportasi udara di Kota Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris, yaitu dengan pendekatan menggunakan asas dan prinsip hukum yang berasal dari regulasi tertulis dan cara prosedur yang dipergunakan untuk memecahkan masalah penelitian dengan meneliti data sekunder terlebih dahulu untuk kemudian dilanjutkan dengan mengadakan penelitian terhadap data primer di lapangan. Hasil dari penelitian yaitu (1) implementasi perlindungan hukum konsumen pengguna jasa transportasi udara di Kota Semarang adalah dengan cara menegakkan hak-hak konsumen sesuai dengan Pasal 4 UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta regulasi yang terkait dan implementasi dari perlindungan hukum konsumen ditegakkan ketika konsumen mengadukan hak-haknya yang tidak terpenuhi dari pihak maskapai dan putusan yang diberikan oleh BPSK. (2) Kendala yang muncul dalam implementasi perlindungan hukum konsumen pengguna jasa transportasi udara yaitu pihak konsumen yang lebih memilih menerima ketika dirugikan oleh pihak maskapai, penumpang tidak mendapatkan bantuan pengalihan penerbangan ketika delay menjadi kendala pihak angen tiket penerbangan dan perilaku maskapai yang tidak takut terhadap regulasi yang mengatur hak-hak konsumen menjadi kendala tersendiri bagi badan pemerintah melalui BPSK Semarang. (3) Solusi terhadap kendala-kendala yang muncul dalam implementasi perlindungan hukum konsumen pengguna jasa transportasi udara di Kota Semarang adalah jika aturan yang telah ada ditegakkan dengan benar akan memberikan efek jera tersendiri dengan memberikan kerugian yang setimpal bagi pihak yang merugikan dalam hubungan konsumen dan pelaku usaha dalam transportasi udara. Pada akhir penulisan disertai dengan sebuah kesimpulan dari setiap jawaban rumusan masalah dan sebuah saran dari penulis bagi pemerintah perlu dilakukan peninjauan kembali terhadap instrumen-instrumen hukum yang mengatur tentang kegiatan penerbangan dan berbagai pihak yang terlibat dalam transportasi udara. Kata Kunci : Implementasi perlindungan hukum konsumen, Jasa transportasi udara.