Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPS Materi Koperasi Melalui Model Pembelajaran Pair Check di Kelas IV SD Negeri Karangroto 01 Genuk, kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SD Negeri Karangroto 01 Genuk dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh rata-rata 66,69% dengan kriteria kemandirian baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 86,17% dengan kriteria kemandirian sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 57,69%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 92,30%. Adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II ditunjukan dengan aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata 72,02% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,15%. Berdasarkan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar serta aktivitas siswa di kelas IV A SD Negeri Karangroto 01 Genuk. Kata kunci: kemandirian, prestasi belajar, model pembelajaran Pair Check