PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS V SD NEGERI BUARAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tanggung jawab siswa yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dalam upaya meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok yang saling ketergantungan, dan bertanggung jawab antar individu, dengan tiap kelompok terdiri dari 3-5 siswa dan tiap siswa memiliki nomor yang berbeda. Teknis analisis data yang digunakan antara lain analisis instrumen tes meliputi: validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran, dan Tes meliputi: nilai tiap siswa, rata-rata kelas, ketuntasan belajar siswa dan uji gain ternormalitas. Sedangkan non tes meliputi: aktivitas guru dan sikap tanggung jawab siswa. Hasil penelitian diperoleh data tanggung jawab siswa pada siklus I memperoleh presentase 42,37% dengan kriteria tanggung jawab cukup, dan meningkat pada siklus II dengan perolehan presentase 86,41% dengan kriteria tanggung jawab sangat baik. Perolehan data pada prestasi belajar siswa siklus I dengan ketuntasan klasikal 51,72%, dan meningkat pada siklus II dengan perolehan ketuntasan klasikal 86,21%. Hasil peneitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar matematika di kelas V SD Negeri Buaran. Kata Kunci : Tanggung jawab, Prestasi belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together)