Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kepedulian lingkungan dan prestasi belajar IPA menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas IV SD Negeri 03 Candisari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Candisari yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes yang berupa soal evaluasi dan teknik non tes, dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdapat dua pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data untuk mengukur sikap kepedulian siswa dengan lembar observasi kepedulian lingkungan dan analisis data prestasi belajar siswa dengan menggunakan soal evaluasi. Hasil penelitian yaitu: model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan sikap kepedulian lingkungan siswa dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Candisari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Dibuktikan dengan hasil observasi sikap kepedulian lingkungan siswa pada siklus I yang semula 54.40% kemudian pada siklus II menjadi 85.32%. Hasil evaluasi untuk mengukur prestasi belajar, pada siklus I ketuntasan sebesar 40.74% dan rata-rata yang dicapai sbesar 58.96 kemudian pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 85.18% dan rata-rata yang dicapai menjadi 73.70. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan sikap kepedulian lingkungan dan prestasi belajar IPA siswa pada kelas IV SD Negeri 03 Candisari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Sikap Kepedulian Lingkungan, Prestasi Belajar Model Pelajaran Contextual Teaching and Learning