Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah:untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran index card macth di kelas IV SD Islam Darul Huda, kecamatan Genuk, kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Darul Huda Semarang yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes evaluasi. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan tes evaluasi siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar PKn yaitu 62,85 dengan prosentase ketuntasan 38,09% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar PKn 86,66 dengan prosentase ketuntasan 85,71%. Dilihat dari hasil siklus I ke siklus II terjadi peningkatan yang baik sekali. Pada sikap disiplin siswa pada siklus I mencapai skor 81,32% dan siklus II mencapai skor 92,64%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran index card macth pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap disiplin siswa. Sebaiknya saat pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran agar semua siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan siswa merasa senang untuk mengikuti pembelajaran. Kata Kunci: Disiplin, Prestasi Belajar, Index Card Macth