Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar IPA melalui model Team Assisted Individualization di kelas V SD Negeri 2 Bantengan. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap tanggung jawab siswa. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan skor akhir indikator tanggung jawab siswa dalam setiap siklus. Pada siklus I persentase ketuntasan siswa yang mencapai skor minimal baik sebanyak 28% (8 siswa) sedangkan pada siklus II sebanyak 86% (25 siswa). Peningkatan sikap tanggung jawab siswa diperkuat dengan peningkatan nilai belajar IPA. Ketuntasan pre tes siklus I sebanyak 55% (16 siswa) sedangkan pada post tes sebanyak 69% (20 siswa) dan interpretasi peningkatan nilai belajar IPA pada siklus ini sebanyak 0,20 atau kategori rendah. Persentase ketuntasan pre tes siklus II sebanyak 76% (22 siswa) sedangkan pada post tes sebanyak 86% (25 siswa) dan interpretasi peningkatan nilai belajar IPA pada siklus ini sebanyak 0,36 atau kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bantengan. Kata kunci: Tanggung jawab, Nilai belajar, Team Assisted Individualization