Daftar Isi:
  • Hasil observasi awal di SDN Banjarsari 02 semester 2 kelas IV tahun pelajaran 2014/2015,termasuk dalam kategori prestasi rendah dan rasa ingin tahu siswa juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togetherdengan media teka teki silang pada siswa kelas IV SDN Banjarsari 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I diperoleh rata-rata 4,017 dengan kriteria rasa ingin tahu tinggi. Pada siklus II diperoleh rata-rata 4,33 dengan kriteria rasa ingin tahu sangat tinggi. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan prestasi. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 67,8%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 86,7%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berbantuan media Teka-teki silang dapatmeningkatkanrasa ingin tahu belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan prestasi belajar IPA kelas IV SDN Banjarsari 02. Saran sebagai bahan pertimbangan guru khususnya pada mata pelajaran IPA bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT perlu di kembangkan, karena pembelajaran tersebut dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci:Rasa Ingin Tahu, Aktivitas siswa, model Numbered Head Together, Teka-teki Silang